Senam Mata

Senam Mata untuk Relaksasi

image

Tanpa kita sadari beragam aktivitas kita seringkali ‘menyiksa’ mata kita, misalnya, bekerja di depan komputer tanpa beristirahat, atau membaca dengan posisi tubuh yang tidak tepat. Hal-hal tersebut membuat mata kita tidak rileks. Akibat yang paling sering terjadi adalah mata terasa perih karena iritasi. Selain itu, mata bisa menjadi merah. Akibat lainnya, mata menderita rabun jauh atau dekat. Ketegangan otot di kelopak mata juga dapat mengakibatkan pergeseran bola mata. Lebih gawat lagi, bisa berakibat katarak.

Untuk meredakan kelelahan mata, Anda dapat menggunakan telapak tangan. Caranya, letakan telapak tangan di masing-masing mata, lalu silangkan jari-jari kedua tangan satu sama lain. Setelah kedua mata tertutup oleh telapak tangan dan tak ada cahaya yang masuk melalui sela-sela jari, biarkan mata terbuka. Tahan posisi itu beberapa saat dan pastikan, Anda benar-benar melihat kegelapan. Lakukan ini beberapa kali sehari.

Selain mengistirahatkan mata sejenak di sela-sela aktivitas, Anda juga dapat merawat kedua mata Anda dengan melakukan senam mata. Berikut adalah latihan yang dapat Anda lakukan:

1. Pijat daerah bawah kedua mata menggunakan jari tengah

2. Tekan sedikit dan rasakan otot-otot mata yang kaku (jika baru pertama kali mencoba, jangan terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan nyeri kepala)

3. Kemudian, beralih pada tulang atas mata. Berikan pijatan beberapa kali

4. Pijat bagian urat-urat yang kaku di bagian atas mata dekat hidung, lalu arahkan ke sudut mata dan pijat perlahan. Lalu pindah ke otot-otot di bagian atas alis.

Lakukan hal-hal di atas secara rutin. Lalu, yang terpenting, jangan ‘menyiksa’ mata Anda dengan memforsirnya tanpa beristirahat.

(Berbagaisumber/Mazfiar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>